Pemandangan dari Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies Sentani Jayapura yang Instagramable

Mendengar kata Bukit Teletubbies, kamu akan langsung kepikiran dengan Bukit Teletubbies yang ada di Gunung Bromo maupun Rinjani. Padahal, ada sekitar 7 bukit seperti ini di Indonesia. Nah, salah satu yang bisa kamu kunjungi dan menjadi andalan tempat wisata di Jayapura, yaitu Bukit Teletubbies Sentani, Jayapura.

Perbukitan cantik ini terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, yang dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan darat dari Bandara Sentani. Uniknya, hamparan padang rumput yang jarang-jarang ini semakin cantik dengan lanskap Danau Sentani yang mempesona menjadi penghias bukit ini di kedua sisi.

Pemandangan Danau Sentani dari Bukit Teletubbies
Pemandangan Danau Sentani dari Bukit Teletubbies

Mobil yang kami tumpangi tiba di lokasi sudah menjelang sore. Tak hanya kami, ada juga beberapa wisatawan dan masyarakat lokal yang datang berkunjung sore itu. Berbeda di tempat lain, untuk menikmati pemandangan di Bukit Teletubbies ini kita harus menaiki bukit yang agak miring dalam beberapa menit. Tepat diatasnya, kamu bakal menemukan sebuah salib kayu putih setinggi lima meter.

Dari atas sini saja sebenarnya pemandangan bukit sudah sangat indah. Sore itu, sambil duduk di atas rerumputan, tak lupa penulis berdecak kagum sembari mengucap syukur akan keindahan bumi Sentani dari atas bukit ini. Perbukitan memanjang dipadu dengan keindahan Danau Sentani di kedua sisinya.

Bukit Teletubbies Sentani
Bukit Teletubbies, Sentani. (Photo by: Eka Situmorang)

Sementara saya asik menikmati keindahan dari atas bukit kecil, teman-teman lainnya kemudian beranjak untuk menyusuri jalan setapak yang sudah ada sebelumnya. Sungguh tempat ini instagramable banget dari segala sisi. Seolah menjadi alasan tepat buat kita untuk mengunjungi Kabupaten Jayapura.

Di beberapa titik di pinggir bukit terdapat beberapa pondok-pondok kecil yang bisa kamu gunakan sebagai tempat istirahat sambil melihat keindahan Danau Sentani. Karena Bukit Teletubbies ini sangat luas. Dibutuhkan waktu berjam-jam dengan jarak berkilo-kilo meter untuk mengitari keseluruhan bukit.

Langit sore itu perlahan memudar seiring akan kembalinya matahari ke peraduannya. Pemandangan indah dari Bukit Teletubbies ini menjadi semakin cantik dengan senja yang akan datang. Perjalanan hari itu ditutup dengan sangat indahnya.

Sunset di Danau Sentani dari Bukit Teletubbies
Sunset di Danau Sentani dari Bukit Teletubbies

BTW, jika kamu sedang berada di Tugu Mac Arthur, kamu dapat melihat langsung Bukit Teletubbies ini dari kejauhan.

Related Posts