Danau Love disiang hari

Danau Love atau Danau Imfote, Telaga Cinta yang Unik Nan Romantis

Selain Danau Sentani yang sudah sering mendapat sorotan, Kabupaten Jayapura sebenarnya memiliki danai lain yang tak kalah menariknya dan menjadi rekomendasi tempat wisata di Jayapura yang bisa kamu kunjungi. Namanya, Danau Love atau Danau Imfote.

Danau yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Danau Imfote ini mendapat julukan ‘Danau Love’ karena bentuk telaga ini yang menyerupai simbol hati atau love. Nah, Keunikan danau ini pun kemudian sering dimanfaatkan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding. Menarik, bukan?

Pemandangan Danau Love dari atas
Pemandangan Danau Love dari atas. (Drone by: Ayojalanjalan.com)

Lokasi Danau Love tak begitu jauh dari Danau Sentani, berada di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur yang berbatasan dengan Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Dari Bandara Sentani, kamu hanya perlu berbelok ke kanan menuju arah Kota Jayapura yang dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dengan mengendarai mobil.

Rombongan kami tiba di dermaga kecil saat sore hari menjelang matahari terbenam. Ya, kebetulan waktu itu kamu sehabis pulang menyusuri hutan Sagu dan dilanjutkan menggunakan perahu. Dengan menggunakan mobil ‘blakos’Blakang Kosong, meminjam istilah warga setempat untuk mobil pick-up—kami kemudian menyusuri perbukitan selama kurang lebih 15-20 menit hingga tiba di bukit Danau Love. Sepanjang perjalanan menuju bukit Danau Love pun kamu akan disuguhi pemandangan bukit-bukit cantik yang memanjang.

Perbukitan indah di Danau Love Sentani
Perbukitan indah di Danau Love. (Photo by: Ayojalanjalan.com)

Tak ingin menyia-nyiakan waktu, kami kemudian bergegas menyusuri setiap sudut keindahan yang dapat kami jangkau. Permukaan air yang tenang dibingkai perbukitan hijau di sekeliling menambah romantisnya suasana disana. Terlebih sore itu menjelang matahari terbenam, cocok banget untuk menghabiskan sore bersama pasangan.

Sunset di Danau Love
Sunset di Danau Love
Sunset indah di Danau Love atau Danau Imfote
Sunset indah di Danau Love atau Danau Imfote. (Photo by: Ceritaeka.com)

Jika kamu ingin mengunjungi danau ini, sebaiknya minta panduan dari warga setempat atau menyewa jasa pemandu lokal agar tidak tersesat. Selain karena minimnya petunjuk arah menuju lokasi, sinyal data komunikasi internet pun sulit, sehingga kamu mungkin akan sulit memanfaatkan fitur GPS di HP kamu.

Nah, makin banyak, bukan, alasan untuk liburan ke Jayapura? BTW, umumnya paket wisata di Jayapura saat ini kebanyakan sudah memasukkan Danau Love ke dalam destinasi yang akan dikunjungi. Tiket masuknya sekitar Rp 25.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 50.000,- untuk roda empat. Jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan minuman ringan dan lotion anti nyamuk.

Related Posts