Pemandangan Danau Sentani dari Bukit Teletubbies

Berkenalan Dengan Si Cantik Danau Sentani

Jika kamu datang ke Papua menggunakan pesawat udara, kamu pasti langsung paham mengapa Danau Sentani menjadi salah satu daya tarik utama wisata di Jayapura. Keindahan Danau Sentani jika dilihat dari ketinggian memang tak ada duanya. Mata seakan dimanjakan dengan pemandangan pulau-pulau kecil—22 pulau—yang tersebar di tengah hamparan air yang terbentang luas dengan latar belakang pegunungan Cyclops yang megah.

Tak hanya cantik, Danau Sentani yang memiliki luas lebih dari 9.300 hektar yang terbentang dari Kabupaten Jayapura hingga Kota Jayapura, juga memiliki arti nama yang indah. Makna nama Sentani yaitu: ‘Di sini kami tinggal dengan damai’. Sebutan Sentani seolah menjadi harapan kedamaian bagi seluruh suku yang tinggal berdampingan di tanah Sentani ini.

Baca juga: Rekomendasi tempat wisata di Jayapura

Salah satu spot di Danau Sentani
Salah satu spot di Danau Sentani

Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua dan menjadi sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar. Umumnya, masyarakat adat sentani ini tinggal di pulau-pulau di tengah danau maupun mendiami perkampungan di pinggir danau. Mayoritas penduduk hidup sebagai nelayan atau berkebun di hutan-hutan yang terletak tak jauh dari tempat mereka tinggal.

Selain itu, Danau Sentani juga merupakan habitat bagi lebih dari 30 spesies ikan air tawar. Bahkan, 4 diantaranya merupakan hewan endemik. Sayangnya, keberadaan hewan endemik tersebut sudah semakin langka. Misalnya saja, ikan gabus Danau Sentani yang populasinya menyusut karena telur-telurnya dimangsa oleh ikan jenis lain. Contoh lain, ikan hiu gergaji yang dahulu banyak diperdagangkan secara ilegal.

 

Hal yang bisa kamu lakukan di Danau Sentani

Danau Sentani ini menjadi salah satu rekomendasi tempat wisata di Jayapura yang bisa kamu kunjungi. Beragam kegiatan bisa kamu jajal di sini. Berikut beberapa diantaranya:

  • Mengunjungi Desa Adat

    Ada sekitar 22 desa adat di sekitar Danau Sentani yang menempati pulau-pulau maupun di pinggir danau. Diantaranya Desa Puay, Desa Yokiwa, Desa Ayapo, atau Desa Netar.

    Baca juga: Bertandang ke Kampung Yokiwa

    Desa Yokiwa Sentanti Jayapura
    Desa Yokiwa, Sentanti, Jayapura
  • Melihat Patung Yesus di tengah danau

    Dikenal dengan nama Tugu Pekabaran Injil, patung yang tepat berada di tengah Danau Sentani, tak jauh dari dermaga perkampungan Yobe.

    Baca juga: Uniknya Patung Yesus di tengah danau

    Patung Yesus di Danau Sentani
    Patung Yesus di Danau Sentani
  • Cantiknya Danau Sentani dari Bukit Teletubbies

    Lansekap Danau Sentani yang dikelilingi oleh bukit-bukit seolah menambah keindahannya. Salah satu spot yang bisa kamu datangi untuk melihat kecantikannya adalah di Bukit Teletubbies. Saran terbaiknya adalah sore hari menjelang matahari tenggelam.

    Baca juga: Bukit Teletubbies Sentani yang instagramable

    Pemandangan dari Bukit Teletubbies
    Pemandangan dari Bukit Teletubbies (Photo by: Cerita Eka)
  • Berburu senja paling cantik

    Danau Sentani tidak hanya menarik untuk dijelajahi dengan berperahu. Menyusuri danau, melintasi perkampungan yang terserak di sekitar danau seluas lebih dari 9 ribu hektar.

    Nah, salah satu aktivitas yang gak boleh dilewatkan setelah puas berkeliling danau adalah, menyaksikan perubahan warna di langit kala senja tiba di Danau Sentani. Silahkan duduk di tepian danau atau dermaga-dermaga, lalu jadilah saksi kedatangan semburat lembayung di ufuk langit. Saksikan langit berwarna keemasan, yang perlahan digantikan gelap, ditingkahi hembusan angin lembut. Ditemani obrolan bersama keramahan warga, yang akan berkisah tentang apa saja. Menyambut kita semua dengan tangan terbuka.

    Sunset di Danau Sentani dari Bukit Teletubbies
    Sunset di Danau Sentani dari Bukit Teletubbies
  • Melihat semaraknya Festival Danau Sentani

    Salah satu atraksi yang menarik untuk disaksikan adalah Festival Danau Sentani yang diadakan di bulan Juni setiap tahunnya. Festival ini bisa menjadi alasan kamu juga untuk mengunjungi Kabupaten Jayapura.

    Silahkan cek Calendar of Events

    Pageralan Festival Danau Sentani
    Pageralan saat Festival Danau Sentani

 

Tips Wisata di Danau Sentani

Wisata danau mungkin terdengar sederhana. Namun, untuk mengunjungi dan melihat langsung keindahan Danau Sentani ini membutuhkan persiapan yang matang agar tidak mengurangi kenikmatan saat berkeliling Danau Sentani.

Supaya perjalanan kamu tetap mengasyikkan, berikut beberapa hal yang patut kamu perhatikan sebelum menjelajahi Danau Sentani atau danau-danau lainnya di Papua.

  1. Gunakan jasa pemandu wisata

    Danau-danau di Papua seperti Danau Sentani ini tergolong luas dan tidak semua fasilitas umum tersedia di sisi danau. Tak hanya itu, sinyal di sekitar kawasan ini masih cukup sulit, sehingga kamu mungkin akan kesulitan mencari arah menggunakan GPS.

  2. Siapkan uang tunai

    Uang tunai digunakan untuk membayar uang masuk, sewa perahu, hingga belanja souvenir. Kamu mungkin bakal kesulitan menemukan ATM di sekitar lokasi.

  3. Gunakan pakaian praktis dan menyerap keringat

    Lokasi terbaik di Danau kadang harus ditempuh dengan berjalan kaki ditengah matahari terik. Gunakan pakaian praktis dan alas kaki yang nyaman seperti Sandal Gunung yang mudah dipakai di medan yang kering maupun basah.

  4. Selalu sedia makanan ringan

    Agar trip kamu lebih asik, sebaiknya menyiapkan bekal berupa makanan dan minuman ringan. Karena tak banyak yang menjual dagangan di sekitar area danau.

  5. Pakai tabir surya atau sunblock

    Banyak yang bilang kalau di Papua itu “mataharinya ada tiga”. Untuk itu sebaiknya menggunakan tabir surya atau sunblock agar perjalanan kamu menjelajahi danau atau Papua secara umum menjadi lebih nyaman.

  6. Jangan buang sampah sembarangan

    Ini menjadi peringatan yang sangat penting. Jangan membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah ke danau.

Nah, sudah berkenalan dengan si cantik Danau Sentani ini, bukan? Sekarang waktunya untuk memasukkannya menjadi salah-satu bucket list tempat wisata di Jayapura yang harus kamu datangi.

Related Posts