Makanan Papeda masakan khas Papua

Makanan Papeda, Masakan Khas Papua Yang Harus Kamu Coba

Kalau kamu merasa belum makan bila belum mengonsumsi nasi, orang Papua pun akan mengatakan hal yang sama mengenai Papeda, masakan khas Papua. Papeda atau bubur sagu merupakan makanan pokok yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Papua dan Maluku.

Makanan Papeda ini cukup unik. Jika dilihat sekilas, bentuk makanan Papeda ini terlihat seperti lem yang super lengket. Umumnya berwarna putih dan rasanya tawar. Walau teksturnya memang sedikit lengket, uniknya Papeda dapat kamu telan dengan mudah, alias tidak ‘nyangkut’ di kerongkongan.

Makanan Papeda
Makanan Papeda

Papeda biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Biasanya disebut ikan kuah kuning. Umumnya, sebelum mencicipi makanan Papeda, kuah ikan tersebut dituangkan terlebih dahulu sebelum Papeda ditambahkan. Tujuannya agar Papeda tidak menempel di wadah makanan.

Variasi lainnya, makanan Papeda dapat dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara hingga ikan kueh. Dapat juga dinikmati dengan tambahan sayur ganemo, yaitu olahan daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah.

Hmmm… terdengar lezat, bukan?

Pak Nikki, pemandu lokal kami saat berkunjung ke Jayapura, sempat mengajak kami mengunjungi hutan sagu untuk melihat bagaimana masyarakat Papua melakukan ‘tokok sagu’. Hutan sagu sendiri tersebar di beberapa distrik di Kabupaten Jayapura ini.

Pemangkur Sagu sedang melakukan Tokok Sagu
Pemangkur Sagu sedang melakukan Tokok Sagu
Mace sedang memeras sagu
Mace sedang memeras sagu

Di penghujung trip, kami sudah ditunggu oleh Mace—sebutan untuk para kaum ibu—yang sedang mengolah atau memeras hasil tokok sagu tersebut. Sementara Mace lainnya sedang bersiap untuk memasak sagu untuk kami.

Cara memasak Papeda ternyata tak susah. Cukup tambahkan hasil perasan tokok sagu tersebut ke dalam air panas yang mendidih dan mengaduknya secara kontinu hingga berbentuk dan kentalnya mirip dengan lem.

Karena terbuat dari bahan baku sagu, Papeda menjadi makanan khas Papua yang kaya akan serat dan rendah kolesterol. Tingginya kadar serat dalam sagu ini juga berperan sebagai probiotik yang bagus buat pencernaan dan mengurangi resiko kanker usus. Papeda juga dipercaya dapat mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru.

Nggak heran, banyak orang penasaran dengan makanan khas Papua ini sehingga sudah mulai banyak disajikan di restoran-restoran. Tapi kalau kamu berkesempatan mampir ke Papua, jangan lupa untuk mencoba makanan Papeda asli dari sana.

Related Posts