Cara ke Jayapura

Cara ke Jayapura (Tips Panduan dan Transportasi)

Ingin berpetualang melihat Bumi Papua dan keindahan serta eksotisme yang ditawarkan secara langsung tapi nggak tahu harus memulai dari mana? Mengunjungi Kabupaten Jayapura adalah pilihan yang tepat. Kenapa? Karena Kabupaten Jayapura merupakan wilayah yang paling mudah dikunjungi untuk mengenal Papua secara umum lebih jauh. Selain itu, alasan lainnya karena di Kabupaten Jayapura terdapat Bandara Sentani yang menjadi pintu gerbang menuju Papua melalui jalur udara.

Jadi, kenapa tidak datang ke Jayapura saja? Ada banyak alasan kenapa kamu harus mengunjungi Kabupaten Jayapura. Nah, berikut kami sajikan tips dan panduan bagaimana cara ke Jayapura lengkap dengan transportasinya.

 

Pergi ke Jayapura dengan Pesawat Udara

Pesawat udara merupakan pilihan utama moda transportasi menuju Jayapura. Berikut pilihan penerbangan dari Jakarta menuju Papua melalui Bandara Sentani di Kabupaten Jayapura. Terdapat sejumlah penerbangan langsung (direct flight) menuju Sentani maupun yang transit terlebih dahulu di bandara sekitarnya seperti Sorong, Manokwari atau Timika.

  • Dari Jakarta
    Beberapa maskapai menyediakan penerbangan langsung dari Jakarta jika kamu tidak ingin lama penerbangan terpotong waktu transit. Lama penerbangan sekitar 5-6 jam.
  • Dari Surabaya
    Biasanya hanya ada satu penerbangan langsung dari Kota Surabaya menuju Bandara Sentani dalam sehari. Lama penerbangan sekitar 4 jam 20 menit.
  • Dari Makassar
    Makassar merupakan salah satu kota transit utama untuk rute domestik menuju Jayapura. Lama penerbangan sekitar 3 jam.

 

Pergi ke Jayapura dengan Kapal Laut

Jika tidak sedang terburu-buru dan ingin menikmati perjalanan layaknya para traveler, kamu bisa memilih perjalanan via laut menuju Papua menggunakan kapal PELNI. Saat ini, PELNI menyediakan rute pelayaran:

Tanjung Priok (Jakarta)—Tanjung Perak (Surabaya)—Makassar—Bau Bau—Sorong—Manokwari—Biak—Jayapura

  • Dari Jakarta
    Berangkat dari pelabuhan Tanjung Priok dengan lama perjalanan sekitar 6 hari 16 jam dan tersedia seminggu sekali.
  • Dari Surabaya
    Berangkat dari pelabuhan Tanjung Perak dengan lama perjalanan sekitar 5 hari 11 jam dan tersedia seminggu sekali.
  • Dari Makassar
    Berangkat dari pelabuhan Soekarno-hatta dengan lama perjalanan sekitar 4 hari 12 jam dan tersedia seminggu sekali.
    Untuk info lebih lengkap, kamu dapat merujuk pada situs resmi PELNI.

 

Pilihan transportasi menuju Jayapura

Setibanya di Bandara Sentani, terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan untuk menyambung perjalanan menuju Kabupaten, atau Kota Jayapura, atau wilayah lainnya. Berikut plus-minus yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

  1. Bus Damri Bandara Sentani

    Harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 50.000,-/orang untuk sekali jalan. Bus akan berangkat setiap satu jam sekali dari Jayapura (PP) mulai pukul 06.00 pagi hingga pukul 17.00 sore.

  2. Angkot

    Untuk menggunakan angkot, kamu harus berjalan dulu keluar dari kawasan bandara lalu mengambil trayek Sentani—Expo Waena, Expo Waena—Abepura, Abepura—Entrop, Entrop—Terminal Mesran, dan Terminal Mesran—Jayapura.

    Ya, kamu harus berganti 6 kali angkot menuju Kota Jayapura dengan tarif per trayek Rp 5.000,-.

  3. Taksi Bandara

    Kamu bisa memesan taksi bandara di loket yang terdapat di pintu keluar. Tarifnya berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 450.000 dari Bandara Sentani menuju Kota Jayapura dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

  4. Rental Non Resmi

    Rental non resmi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bepergian dengan leluasa. Harganya tergantung dari tawar-menawar dengan supir.

  5. Ojek Motor

    Ojek motor juga tersedia, namun jangan lupa untuk menawar tarifnya. Harga menuju Kota Jayapura berkisar Rp 100.000,-.

Setibanya di Kota Jayapura, petualangan baru sudah menunggu kamu. Ada banyak tempat wisata di Jayapura yang bisa kamu pilih untuk menghabiskan waktu liburan di Jayapura. Yuk, segera booking tiket ke Sentani!

Related Posts