Tempat Wisata di Jayapura

Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Jayapura Yang Bisa Kamu Kunjungi

Papua merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung timur Indonesia. Dengan kekayaan alam dan kebudayaannya, tak sedikit dari kita baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan mancanegara yang berdecak kagum akan keindahannya. Sebut saja misalnya Raja Ampat yang sudah diakui di seluruh dunia akan keindahan panorama dan bawah lautnya.

Banyak yang ingin segera mengunjungi Bumi Khenambai Umbai ini untuk melihat langsung keindahan kekayaan alam dan kebudayaan lokalnya, termasuk penulis sendiri. Beruntung, keinginan itu tercapai saat menghadiri acara tahunan Festival Danau Sentani, di Kabupaten Jayapura.

Nah, kali ini kami ingin membahas tentang Kabupaten Jayapura dan secara khusus berbagi tempat wisata di Jayapura yang bisa kamu kunjungi.

 

Mengenal Kabupaten Jayapura

Kabupaten Jayapura merupakan satu dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua dengan ibukota Sentani yang berjarak sekitar 33 Km dari Kota Jayapura sebagai ibukota provinsi. Posisi Kabupaten Jayapura ini terbilang strategis mengingat di kabupaten inilah Bandara Sentani sebagai pintu masuk jalur udara menuju Jayapura berada.

Dengan adanya Bandara Sentani, keliling tempat wisata di Jayapura menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengenal Papua. Terlebih lanskap geografis Kabupaten Jayapura juga terbilang lengkap untuk urusan destinasi wisata. Sebut saja pesona pesisir pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik, di Kabupaten Jayapura ini juga terdapat beberapa danau—bahkan terluas di Papua—yang dikelilingi oleh perbukitan cantik.

Selain itu, Kabupaten Jayapura juga memiliki pesona akan pegunungan, dan hutan cagar alam. Tentunya, jejak-jejak sejarah peninggalan Perang Dunia II terlalu menarik untuk dilewatkan begitu saja. Tak ketinggalan juga dengan pesona budaya sebagai potret eksotisme budaya timur.

Ada sekitar 9 suku asli seperti Sentani, Moi, Tepra, Ormu, Yokari, Jouwwarry, Demutru, Elseng dan Oktim. Namun disini juga menjadi rumah bagi pendatang seperti Makassar, Manado, Batak yang berdiam di Kabupaten Jayapura. Kabupaten Jayapura merupakan potret harmonisasi perbedaan, yang terangkum dalam slogan “Khenambai Umbai”. Satu hati, satu jiwa. Untuk Indonesia.

 

Tempat Wisata di Jayapura

Nah, buat kamu yang pengen melihat langsung kehidupan bumi ‘Mutiara hitam dari Timur’ ini, kamu bisa cukup mendatangi Kabupaten Jayapura saja. Berikut beberapa tempat wisata di Jayapura yang bisa kamu kunjungi.

  1. Danau Sentani

    Danau Sentani merupakan salah satu danau terbesar di Papua dan menjadi salah satu daya tarik utama di Kabupaten Jayapura. Berjarak sekitar 20 menit dari Bandara Sentani, kamu bisa memulai wisata menjelajahi Danau Sentani dititik dermaga Pantai Khalkote.

    Baca selengkapnya: Berkenalan dengan si cantik Danau Sentani

    Pantai Khalkote Danau Sentani
    Pantai Khalkote, Danau Sentani

    Pageralan Festival Danau Sentani
    Pageralan saat Festival Danau Sentani
  2. Pulau Asei Besar

    Pulau Asei yang berada di seberang dermaga Pantai Khalkote ini patut dijadikan sebagai tempat wisata di Jayapura yang wajib banget kamu kunjungi. Kenapa? Karena di Pulau Asei ini tepatnya di Kampung Asei tinggal para pelestari lukisan kulit kayu khas Papua.Baca selengkapnya: Kampung Asei, pelestari lukisan kulit kayu Papua

  3. Air terjun Napay
  4. Pemandian Makhanuay
  5. Monumen Mac Arthur

    Jaraknya hanya sekitar 20 menit dari Bandara Sentani. Tugu Mac Arthur merupakan saksi sejarah saat Perang Dunia II dimana tentara sekutu dipimpin oleh Jenderal Douglas MacArthur. Di lokasi inilah Mac Arthur membangun markas dan menyusun strategi untuk menghadapi Jepang.

    Baca cerita selengkapnya: Tugu Mac Arthur dan jejak Perang Dunia II di Jayapura

    Tugu Mac Arthur Sentani Jayapura
    Tugu Mac Arthur, Sentani, Jayapura

    Pemandangan dari Tugu Mac Arthur
    Pemandangan dari Tugu Mac Arthur
  6. Air terjun Pos 7
  7. Pemandian Hiroshi
  8. Situs Megalitik Tutari
  9. Bukit Teletubbies

    Perbukitan cantik ini terletak di Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu, yang dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan darat dari Bandara Sentani. Uniknya, hamparan padang rumput yang jarang-jarang ini semakin cantik dengan lanskap Danau Sentani yang mempesona menjadi penghias bukit ini di kedua sisi.

    Baca cerita lengkapnya: Bukit Teletubbies Sentani yang instagramable

    Pemandangan dari Bukit Teletubbies
    Pemandangan dari Bukit Teletubbies (Photo by: Cerita Eka
  10. Landasan meriam tentara sekutu
  11. Danau Love (Danau Imfote)

    Selain Danau Sentani yang sudah sering mendapat sorotan, Kabupaten Jayapura sebenarnya memiliki danai lain yang tak kalah menariknya dan menjadi rekomendasi tempat wisata di Jayapura yang bisa kamu kunjungi. Namanya, Danau Love atau Danau Imfote.

    Danau yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan nama Danau Imfote ini mendapat julukan ‘Danau Love’ karena bentuk telaga ini yang menyerupai simbol hati atau love. Nah, Keunikan danau ini pun kemudian sering dimanfaatkan sebagai lokasi pemotretan pre-wedding. Menarik, bukan?

    Baca selengkapnya: Danau Love, telaga cinta yang unik nan romantis

    Pemandangan Danau Love dari atas
    Pemandangan Danau Love dari atas. (Drone by: Ayojalanjalan.com)
  12. Tangki minyak sekutu PDII

    Jejak sejarah lainnya dapat kamu temui di kawasan Depapre yang menjadi titik penting saat pasukan sekutu menyerang pasukan Jepang. Disana dibangun tangki-tangki minyak dibangun bersamaan dengan armada kapal perang.

    Tangki minyak peninggalan Perang Dunai II
    Tangki minyak peninggalan Perang Dunai II (Photo by: Cool4myeyes.com)
  13. Pantai Amai dan Pantai Harlem

    Jaraknya saling berdekatan dan memiliki keunikannya masing-masing. Di Pantai Amai kamu bisa melihat muara sungai yang berakhir ke air laut sehingga bisa merasakan dua rasa air yang berbeda yaitu tawar dan asin air laut. Sementara Pantai Harlem dengan air pantainya yang biru jernih dan menjadi favorit untuk berenang, dan snorkeling.

    Muara Pantai Amai Jayapura
    Muara Pantai Amai (Photo by: Kopertraveler.id)

    Pantai Harlem Jayapura drone
    Pantai Harlem, Jayapura (Photo Drone by: Ayojalanjalan.com)
  14. Pantai Tablanusu

    Tidak seperti pantai lain yang umumnya berpasir, Pantai Tablanusu di Desa Tablanusu ini dipenuhi batu kerikil yang halus-halus. Sensasi refleksi kami rasakan begitu kami tiba di pantai ini tanpa alas kaki. Konon, menurut masyarakat setempat, batu-batu kerikil ini menimbulkan bunyi seperti isak tangis ketika diinjak, sehingga dijuluki ‘Batu Menangis’.

    Pemandangan Drone Pantai Tablanusu
    Pemandangan dari atas Pantai Tablanusu (Photo Drone by Ayojalanjalan.com)
  15. Pantai Bukisi
  16. Pantai Meukisi

 

Tips Wisata di Jayapura

Bertualang ke bumi Papua membutuhkan perubahan ‘mindset’ untuk bersiap atas hal-hal tak terduga. Tentunya dalam artian baik. Secara umum, kita harus bersiap menempuh jarak yang mungkin hanya bisa ditempuh lewat jalur udara, untuk mencapai kota-kota tertentu.

Bersiap untuk menikmati keindahan alam yang spektakuler, dengan medan yang membutuhkan stamina, tapi juga bukan tak mungkin menelusuri pesona kota lengkap dengan keunikan dibandingkan wilayah lain, salah satunya di Kabupaten Jayapura ini.

Berikut tips-tips yang perlu kamu ketahui saat mengunjungi tempat wisata di Jayapura:

  • Dengan iklim tropis dan suhu rata-rata hingga 31 derajat, siapkan pakaian yang cukup nyaman.
  • Jika menyewa mobil, selalu isi bensin hingga penuh karena jarak antar pom bensin berjauhan
  • Selalu siapkan uang tunai karena ATM tidak selalu tersedia di dekat objek wisata.
  • Sinyal telepon seluler tidak terlalu baik sehingga dikhawatirkan kamu tidak dapat mengandalkan GPS saat di perjalanan.
  • Siapkan perbekalan seperti air minum dan makanan kecil karena warung atau toko tak selalu ada di semua objek wisata.

Selamat bertualang dan menjelajahi keajaiban mutiara hitam dari Timur Indonesia!

Related Posts